Sabtu, 12 Februari 2011

MASALAH-MASALAH SOSIAL YANG TERJADI DI INDONESIA


Masalah sosial di sebuah negara memang pasti selalu ada. Terlebih ketika terjadi sebuah gejolak / krisis di beberapa hal. Masalah sosial itu sendiri, menurut Soerjono Soekanto adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.

Permasalahan sosial di Indonesia sangat banyak dan sulit untuk disebutkan satu persatu dikarenakan sangat banyak sampai tidak bisa dihitung lagi. Akan tetapi disini saya akan berusaha  untuk menyebutkan empat contoh yang paling utama dari permasalahan social yang begitu banyakanya dan dari empat contoh ini akan saling berkaitan satu dengan yang lain. Empat contoh tersebut adalah:
Kemiskinan, Tingkat pendidikan rendah, Tindakan criminal, Pengangguran

1 kemiskinan:
mengapa saya menyebutkan pertama kali adalah kemiskinan,dalam permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia. Karena kemiskinan adalah akar yang paling dasar  penyebab dari segala permasalahan social yang terjadi di Indonesia. coba anda banyangkan jika masyarakat Indonesia tidak banyak yang miskin maka tidak perlu ada pangangguran karena sudah banyak lapangan pekerjaan yang tersedia dan kebutuhan pokok tidak akan mahal dikarenakan masyarakat dapat menjangkau harga kebutuhan pokok tersebut. akan tetapi kenyataan berkata lain di indonesia sangat banyak orang miskin dan pengangguran dan harga bahan pokok semakin tahun pertahun semakin naik sehingga orang miskin tidak dapat menjangkau lagi.

2 Tingkat pendidikan rendah :
permasalah social yang kedua yang terjadi di Indonesia adalah tingkat pendidikan yang rendah. Mengapa saya bilang rendah, dikarenakan banyak masyarakat Indonesia miskin sehingga orang miskin tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya, sehinnga banyak anak-anak Indonesia pendidikanya rendah dan jika sudah besar akan menjadi pengangguran dan itu akan terus berulang-ulang terjadi. Padahal pendidikan adalah kunci utama dari Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia ini. Selain tidak mampu menyekolahkan anaknya ke sekolah karena miskin, orang tua juga kurang sadar akan pentingnya pendidikan untuk merubah nasib anaknya biar tidak seperti orang tuanya yang kebanykan pengangguran.

3 Tindakan kriminal:
Masalah social yang ketiga yang terjadi di Indonesia adalah tindakan criminal. Factor penyebab terjadinya tindakan criminal adalah kemiskinan. Lagi-lagi kemiskinan yang menjadi penyebabnya. Seperti yang saya tuliskan di no satu, kemiskinan adalah penyebab yang paling mendasar dalam terjadinya masalah social dalam masyrakat Indonesia. orang miskin tidak dapat memnuhi kebutuhannya sehari-hari karena dia pengangguran atau kebutuhan pokonya yang sangat mahal dan dia tidak bisa memenuhinya sehingga dia melakukan tindakan criminal berupa mencuri, merampok, melakukan penipuan, dan tindakan criminal lainnya. Hal-hal tindakan akan sangat merugikan orang lain. Akan tetapi kita tidak bisa menyalahkan orang miskin yang melakukan tindakan criminal tersebut. Mereka melakukannya terpaksa dan itu bertujuan bertahan hidup jika dilihat dari sisi orang miskin yang melakukan tindakan criminal tersebut. Tapi jika dilihat dari sisi korban dari tindakan criminal tersebut akan mengatakan kalau hal-hal itu salah karena masih banyak cara untuk bertahan hidup yang tidak merugikan orang lain.

4 Pengangguran:
Masalah social yang terakhir adalah masalah pengaguran. Masyarakat Indonesia banyak yang mengaggur di karenakan tingkat pendidikan yang rendah dan sedikitnya lapangan pekerjaan atau tidak seimbangnya antara lapangan kerja dengan masyarakat yang usianya yang tidak  produktif. Hal ini akan berimbas akan terjadi kemiskinan yang sangat besar. 

Jika kita berfikir yang jelek maka kita akan menyalahkan pemerintah, kenapa saya menyalahkan pemerintah di karenakan pemerintah telah gagal menyelesaikan masalah-masalah social yang terjadi di Indonesia. akan tetapi, pikiran tersebut juga salah karena kita tidak bisa menyerahkan semua masalah social kepada pemerintah dan menyalahkannya jika gagal. Ini Negara milik kita bersama bukan Negara  milik orang-orang yang berada di pemerintahan tersebut, jadi marilah kita sama-sama bahu-membahu menyelesaikan masalah-masalah social yang terjadi di Indonesia tercinta ini. Dan jika ingin semua masalah sosial tersebut  diselesaikan. Maka yang pertama pemerintah lakukan adalah pembenahan pendidikan karena tingkat pendidikan di Indonesia  rendah dan pendidikan adalah kunci utama untuk menjadi Negara yang maju. Kita semua juga harus mendukung dan membantu pemerintah dalam pembenahan pendidikan di Indonesia biar tidak rendah lagi dan semua permasalahan bisa selesai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar