Rabu, 03 Agustus 2011

Kejadian yang Menarik di Bulan Ramdhan

Bulan ramadhan yang merupakan bulan yang penuh dengan cobaan  bagi umat islam karena umat islam diwajibkan untuk berpuasa karena ada Perintah berpuasa dari Allah terdapat dalam Al-Quran di surat Al-Baqarah ayat 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
 "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa  sebagaimana 
diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertakwa."
Bepuasa disini bukan hanya menahan lapar dan dahaga saja tapi juga menahan segala nafsu dunia. Tapi lucunya bulan ramadhan yang saya lihat di Indonesia semua berpuasa dari waktu sahur sampai waktunya berbuka puasa. Setelah itu melanjutkan hal-hal seperti biasa seperti mabuk-mabukan, pergi ketempat maksiat dan banyak lagi. Mereka hanya berpuasa di waktu sahur sampai hari hampir malam (magrib) setelah itu melakukan kebiasaan seperti hari biasa saja. hal ini saya dapat stelah bertanya pada beberapa temen saya dan orang yang saya kenal lainnya. Kata mereka hampir sama “puasakan hanya waktu sahur sampai waktu magrib setelah itu tidak puasa lagikan”. Setelah mendengar perkataan mereka saya jadi tahu mereka kurang paham akan arti mengapa kita melakukan puasa, ya saya juga kuarang paham mengapa melakukan puasa pada bulan ramadhan saja tapi menurut saya perkataan mereka salah.

mesjid pada bulan ramdhan
mesjid pada bulan biasa
 
Dibulan ramdhan juga ada kejadian yang sangat menarik, yaitu mesjid menjadi banyak orang bahkan ada sampai penuh di bulan ramdahan. Padahal  pada hari-hari biasa tidak bulan ramadhan mesjid-mesjid sepi sama sekali tidak seperti sekarang dibulan ramdhan ini. Yang menjadi pertanyaan saya, apakah uamat islam sekarng memakai mesjid jika pada bulan ramadhan saja? bila itu benar maka umat islam benar-benar sudah jauh  berubah dari umat islam pada zaman Nabi Muhammad. Pada zaman tersebut mesjid-mesjid selalu rame  tidak pernah sepi bahkan mesjid tidak hanya digunakan untuk beribadah saja tapi juga digunakan untuk urusan pemerintahan. Tapi zaman sekarang mesjid hanya digunakan untuk beribadah saja, ya tapi hal itu gak apa-apa masih bisa dimaklumin tapi sepinya mesjid itu yang gak bisa dimaklumin. Masak mesjid hanya rame pada bulan ramadhan.  Saya menulis hal ini karena melihat perbedaan yang sang mencolok ketika ramenya mesjid ketika bulan ramadhan dan menjadi sepi dibulan selain ramadhan. Keinginan saya adalah semoga mesjid selalu tetap rame dibulan-bulan yang biasa untuk melakukan hal-hal yang positif.

2 komentar:

  1. iya bot setuju..
    tapi masalahnya kamu itu orang yang membuat sepi mesjid di bulan biasa bahkan di bulan puasa pun kamu juga yang membuat sepi mesjid.. hahaha

    BalasHapus
  2. anjrit,,,,,,mana ada,,,,,kalo aku datang mesjid selalu rame,,,,,hahahahaha

    BalasHapus